Es Batu Bisa Menyebabkan Pendarahan



Apakah Anda sering atau setiap hari mengonsumsi minuman dengan es batu dari Pabrik atau warung-warung? Apakah anda Pernah membayangkan bahwa es batu yang Anda konsumsi tercemar bakteri?
 
    Sekarang ini es batu yang disediakan oleh Pabrik-pabrik atau warung-warung tidak bisa dijamin kebersihannya. Air yang tercemar oleh bakteri bisa menyebabkan diare dan perdarahan bahkan keracunan.
 
    Berdasarkan informasi dari Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), Dr.dr.Agustin Kusumayati, M.Sc mengatakan bahwa, es batu yang tercemar bakteri dapat menyebabkan penyakit, seperti  diare, infeksi, bahkan Perdarahan. Perdarahan terjadi ketika es batu mengandung bakteri Salmonella dan E. coli jenis entero humoragik yang bisa menyebabkan perdarahan saat buang air besar dan buang air kecil karena hemolisis, bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal karena sumber air yang digunakan tidak aman.
 
    Bakteri  tersebut  tidak akan  mati pada suhu yang rendah dan Bakteri ini tidak berdampak kronik pada tubuh, melainkan akut. Dr.dr.Agustin Kusumayati, M.Sc menyarankan agar masyarakat berhati-hati dalam mengonsumsi Minuman dengan Es Batu. Menurut dia, lebih baik mengonsumsi minuman dari lemari pendingin dari pada menggunakan es batu.

Suka artikel ini ?

About Zaki Brahim

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan